Bumi tak lagi perawan. Manusia sendiri yang telah mengotorinya, merusaknya. Iklim dan cuaca menjadi tak menentu, banjir selalu bertambah tatkala musim penghujan datang, bencana kekeringan musim panas tak kunjung usai.

Bumi pun kian panas, pemanasan global semakin meluas di bumi ini. Banyak manusia sadar, namun mereka hanya sadar dan sekedar tahu apa tindakan yang memancing global warming, tanpa bertindak untuk mencegahnya. Tahu akan efek dan cara menanggulanginya, malah hanya dijadikan bahan hafalan dan mencari niali baik saat ulangan. Namun kenyataannya, semua ini tak terlalu berguna, tanpa aplikasi penetahuan, apa artinya. Berikut akan di ulas secuil cara untuk menanggulangi pemanasan global :

Upaya-upaya yang bisa kita lakukan diantaranya :

  1. Hemat BBM (Bahan Bakar Minyak). Gunakan transportasi umum, bila memungkinkan gunakan kendaraan seperlunya saja. Kalau perlu budayakan jalan sehat. Uang hemat, badan sehat!!
  2. Tanam pohon. Bila anda memiliki tempat atau lahan kosong, gunakan untuk menanam tanaman. Apapun tanamannya, itu sudah menyumbang Oksigen di bumi ini.
  3. Aktiflah di kegiatan pecinta alam atau aktivitas peduli lingkungan untuk meng-update pengetahuan kamutentang masalah lingkungan.
  4. Ingatkan teman sekitar. Bila menjumpai orang lain membuang sampah atau menyebabkan pemanasan global, jangan segan-segan untuk mengingatkan.
Akibat Pemanasan Global memicu masalah kesehatan masyarakat. Karena suhu makin hangat, maka dengan sendirinya jentik nyamuk DB (Demam Berdarah) dan Malaria akan memiliki siklus hidup yang lebih pendek dan masa inkubasi penularan yang lebih singkat. Pemanasan global juga menyebabkan dzaratan menghilang perlahan-lahan, karena air laut naik akibat mencairnya es di kutub.
Maka dari itu,
cintai lingkungan sekitarmu!! Cintai dari yang sederhana dahulu, sukalah dengan warna hijau yang merupakan salah satu warna kehidupan. Namun itu tak begitu penting, yang penting tindakan kita untuk menjaga bumi ini. Aplikasikan apa yang kamu tahu, dalam kehidupan. Lebih baik mengerti, daripada tahu..!!
Read More…

0 komentar:

About

professional web statistics
Powered by web analytics software program.